6 Sungai Terpanjang Di Indonesia

Tidak ada komentar

 1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Banyak spesies air yang hidup di sungai kapuas, mencakup 250 spesies ikan air tawar termasuk ikan arwana hidup disini. Sungai kapuas terletak di pulau Kalimantan, tepatnya di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai ini mengalir dari Kabupaten Kapuas Hulu sampai Kota Pontianak dan juga melintasi 7 Kabupaten di wilayah Kalimantan Barat.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang 920 km. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur dan mengalir melewati Kota Samarinda yang menjadi Ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Sungai ini identik dengan spesies endemiknya yaitu pesut mahakam, pesut mahakam adalah  jenis lumba-lumba air tawar yang hidup di sepanjang sungai mahakam. Namun kini pesut mahakam menjadi hewan yang terancam punah, karena keberadaannya sudah semakin langka.

3. Sungai Barito

Sungai Barito adalah sungai terpanjang ketiga di Indonesia. Sungai ini juga terletak di Pulau Kalimantan, tepatnya berada di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sungai barito memiliki panjang 900 km. Hulu sungai barito berada di pegunungan Schwaner, dan bermuara di Laut Jawa yang ada di sebelah selatan Pulau Kalimantan. Di sungai barito masih ada pasar terapung yang menjadi ciri khas sungai ini dan bisa dijadikan destinasi wisata.

4. Sungai Batanghari

Beralih ke Pulau Sumatera, terdapat sungai batanghari yang menjadi sungai terpanjang di Indonesia dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini memiliki panjang sekitar 800 km dan melewati Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. Masyarakat sekitar sungai memanfaatkan aliran sungai sebagai jalur transportasi air.

5. Sungai Musi

Masih berada di Pulau Sumatera, ada sungai musi yang menjadi sungai terpanjang kelima di Indonesia dan manjadi sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatera. Sungai dengan panjang 750 km ini melintasi 2 Provinsi di Pulau Sumatera, yaitu Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan. Sungai ini juga menjadi ikon Kota Palembang dan juga digunakan sebagai jalur transportasi sejak zaman kerajaan Sriwijaya.

6. Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang di Papua dengan panjang 670 km. Sungai ini mengalir dari pegunungan Foja dan bermuara di Samudera Pasifik. Nama Mamberamo berasal dari bahasa Dani, salah satu bahasa di Pulau Papua yang berarti air besar. Sungai mamberamo dijuluki sebagai "Amazonnya Indonesia", hal ini disebabkan karena masih banyak suku-suku pedalaman yang hidup di sekitar sungai mamberamo serta banyaknya kekayaan flora dan fauna di wilayah ini.

Komentar