7 Danau Terbesar Di Indonesia

Tidak ada komentar

 1. Danau Toba

Danau Toba menjadi danau terbesar di Indonesia, danau ini terletak di Provinsi Sumatera Utara. Dengan luas mencapai 1.130 km² dan kedalaman hingga 505 m. Danau toba juga berbatasan langsung dengan 7 Kabupaten berbeda di Provinsi Sumatera Utara. Ketujuh Kabupaten tersebut diantaranya Kabupaten Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Samosir. Danau toba juga menjadi danau ke-15 terbesar di dunia.

2. Danau Towuti

Danau Towuti menjadi danau kedua terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 561 km² dan kedalaman hingga 203 m. Danau ini terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau ini merupakan danau tektonik yang berusia jutaan tahun. Danau towuti dijadikan tempat destinasi wisata dan tempat konservasi BKSDA Sulawesi Selatan. Danau ini juga merupakan salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia.

3. Danau Tempe

Danau Tempe adalah danau yang hanya memiliki kedalaman sekitar 5 m karena proses sedimentasi. Tetapi danau ini cukup luas dengan luas mencapai 350 km². Danau tempe terletak di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

4. Danau Poso

Danau Poso menjadi danau keempat terbesar di Indonesia. Danau ini terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau ini memiliki luas sekitar 323 km² dan kedalaman mencapai 450 m. Danau Poso memiliki keunikan tersendiri yaitu danau ini memiliki pasir kuning keemasan meski berada di ketinggian 657 mdpl. Danau ini juga termasuk danau tektonik purba.

5. Danau Sentarum

Danau Sentarum menjadi danau kelima terbesar di Indonesia. Danau ini terletak di Kalimantan Barat. Meski memiliki kedalaman yang hanya 8 m tetapi danau sentarum memiliki luas sebesar 275 km². Danau ini termasuk danau musiman, selama 10 bulan danau ini akan dipenuhi oleh air, tetapi pada bulan-bulan berikutnya air akan menyurut dan membentuk kolam-kolam kecil.

6. Danau Paniai

Beralih ke Papua, Danau Paniai adalah danau yang berada di ketinggian 1.742 mdpl. Danau ini berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua. Danau ini memiliki luas mencapai 195 km² dan kedalaman sekitar 50 m. Sayangnya danau ini sulit diakses oleh wisatawan karena lokasinya yang jauh dari Kota Jayapura.

7. Danau Matano

Kembali lagi ke Pulau Sulawesi, danau matano menjadi danau ketujuh terbesar di Indonesia. Danau ini memiliki luas mencapai 164 km² dan kedalaman hingga 590 m. Danau matano menjadi danau terdalam di Indonesia. Danau matano terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dan berada di ketinggian 382 mdpl.

Komentar