7 Gunung Tertinggi Di Indonesia

1 komentar

 Di Indonesia terdapat banyak gunung yang menjulang tinggi. Disini saya sudah merangkum 7 gunung tertinggi di Indonesia.

1. Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia diraih oleh Gunung Puncak Jaya. Gunung ini terletak di Pulau Papua, tepatnya di Provinsi Papua. Gunung Puncak Jaya memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Gunung ini juga masuk dalam jajaran gunung tertinggi di dunia dan juga dikenal dengan sebutan Carstensz Pyramid. Gunung Puncak Jaya merupakan gunung kapur tertinggi di Indonesia. Karena tingginya puncak gunung ini ditutupi salju abadi.

2. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl ini terletak di Pulau Sumatera, tepatnya berada di Kabupaten Solok Selatan, perbatasan antara Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Barat. Gunung Kerinci menjadi gunung berapi tertinggi di Indonesia.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia. Gunung ini terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai 3.762 mdpl. Dan menjadikan gunung ini sebagai gunung tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki pemandangan bagus karena memiliki padang rumput yang luas dan hutan tropis.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi keempat di Indonesia. Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung dengan tinggi 3.676 mdpl ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Dengan puncak tertingginya yang dikenal dengan dengan sebutan Mahameru ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar menjadi gunung tertinggi kelima di Indonesia. Gunung Sanggar terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung dengan ketinggian mencapai 3.564 mdpl ini menjadi gunung tertinggi kedua di Provinsi NTB.

6. Gunung Latimojong

Diposisi keenam ada gunung Latimojong yang mejadi gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.478 mdpl, gunung Latimojong juga dikenal dengan Bulu Rantemario. Gunung ini juga terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

7. Gunung Slamet

Gunung Slamet menjadi gunung tertinggi ketujuh di Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.428 mdpl dan terletak di 5 kabupaten, meliputi Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Gunung ini juga menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah gunung Semeru.

1 komentar