5 Danau Terdalam Di Dunia

Tidak ada komentar

Di berbagai belahan dunia ini banyak terdapat danau-danau yang membentang luas, mulai dari danau terluas, terdalam sampai danau terkecil dan terdangkal. Disini saya sudah merangkum 5 danau terdalam di dunia.

1. Danau Baikal

Danau Baikal menjadi danau terdalam di dunia, danau ini terletak Siberia Selatan, Rusia. Danau Baikal memiliki kedalaman mencapai 1.642 m, yang menjadikannya danau air tawar terbesar di dunia. Danau ini juga menjadi danau tertua di dunia yang terbentuk sekitar 20-30 juta tahun lalu. Danau Baikal mempunyai luas permukaan mencapai 31.722 km². Danau ini menjadi salah satu danau dengan air terjernih di dunia.

2. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika berada di empat negara Afrika Tengah, yaitu Kongo, Zambia, Burundi, dan Tanzania. Danau ini memiliki kedalaman mencapai 1.470 m, dengan luas mencapai 32.900 km². Danau Tanganyika juga mempunyai enam pulau, diantaranya pulau Kavala, Mamba-Kayenda, Milima, Kibishie, Mutondwe, dan Kumbula. Serta menjadikannya danau air tawar terbesar di Afrika.

3. Laut Kaspia

Laut Kaspia merupakan danau terluas di dunia dengan luas mencapai 390.000 km² dan kedalaman mencapai 1.025 m. Laut Kaspia berada di atas kerak Samudera, danau ini berciri-ciri seperti laut dengan air yang asin dan sangat luas. Serta danau ini dikelilingi daratan berpasir yang membuatnya danau ini disebut dengan laut. Danau ini juga terletak diantara benua Eropa dan benua Asia, berada disebelah barat daya Pegunungan Ural. Laut Kaspia juga merupakan sisa dari laut Paratethys, perairan ini mulai terkurung sejak 5 juta tahun lalu.

4. Danau Malawi

Danau Malawi dan dikenal dengan sebutan Danau Nyasa di Tanzania menjadi danau keempat terdalam di dunia. Danau ini terletak di Afrika Timur dan menjadikannya danau terbesar ketiga di Afrika. Danau Malawi memiliki kedalaman mencapai 706 m dan luas mencapai 29.600 km². Danau ini terletak di tiga negara Afrika, yaitu Malawi, Zambia, Mozambik. Danau ini juga terbentuk sekitar dua juta tahun lalu.

5. Danau Issyk Kul

Danau Issyk Kul adalah danau endorheic yang terletak di pegunungan Tian Shan, di timur laut Kirgizstan. Danau yang terletak di ketinggian 1.620 m ini menjadi danau terbesar kedua di dunia yang terletak di gunung setelah danau Titicaca. Danau ini memiliki kedalaman mencapai 668 m, airnya sangat beragam dan ketika musim dingin tiba airnya bebas dari es. Air danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair.

Komentar