7 Palung Terdalam Di Dunia

Tidak ada komentar

Cekungan yang ada di daratan bernama jurang  dan kalau cekungan di lautan bernama palung, disini saya sudah merangkum 7 palung terdalam yang ada di dunia.

1. Palung Mariana

Nama palung ini diambil dari nama lokasi terdekat penemuan palung ini, yaitu Kepulauan Mariana yang ada di Pasifik. Pada awalnya, para peneliti pada tahun 1875 lewat ekspedisi menggunakan peralatan sounding pada HMS Challenger. Sejak saat itu titik terdalam palung ini diberi nama Challenger Deep sesuai nama kapal tanpa awak yang menemukannya pada saat itu. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 11.034 m, para peneliti menyebutkan bahwa palung ini sudah ada sejak 180 juta tahun lalu.

2. Palung Tonga

Palung terdalam di dunia ini masih terletak di Samudera Pasifik, yaitu Palung Tonga. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.882 m, titik terdalamnya bernama Deep Horizon atau Lubang Horizon. Palung yang terletak di barat daya Samudera Pasifik ini menjadikannya palung terdalam kedua di dunia. Deep Horizon ditemukan pertama kali pada tahun 1952. Palung ini memiliki beragam biota laut seperti cacing laut.

3. Palung Mindanao

Diurutan ketiga ada palung yang terletak di Asia Tenggara, tepatnya di Filipina yang bernama Palung Mindanao atau Palung Filipina. Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.540 m. Palung Mindanao membentang mulai dari Pulau Luzon sampai Pulau Halmahera di Maluku Utara. Warga setempat juga mengenal palung ini dengan sebutan Jeluk Galathea. Palung Mindanao mulai terbentuk beberapa juta tahun lalu akibat benturan lempeng Zamboanga dan lempeng Palawan.

4. Palung Sandwitch Selatan

Palung Sandwitch Selatan menjadi palung keempat terdalam di dunia. Palung dengan kedalaman maksmum 8.266 m ini terletak di bagian timur Kepulauan Sandwitch Selatan, yang ada di Britania Raya. Palung ini juga menjadi palung terdalam yang ada dibagian selatan Samudera Atlantik. Palung ini berada di busur vulkanik dengan gunung berapi disekitarnya.

5. Palung Cayman

Palung Cayman menjadi palung terdalam kelima di dunia. Palung ini terletak di lautan tropis bagian timur Samudera Atlantik, tepatnya berada di Laut Karibia yang berada di bagian tenggara teluk Meksiko. Lokasi palung ini berada diantara Kuba dan Jamaika atau tepatnya berada di Kepulauan Cayman sesuai namanya. Meskipun Laut Karibia terlihat menyeramkan, tetapi Cayman Way sering dijadikan sebagai objek wisata atau orang-orang yang suka menyelam.

6. Palung Diamantina

Palung terdalam selanjutnya terletak di belahan bumi bagian selatan, tepatnya berada di barat daya Pert Australia Barat yang dikenal dengan nama palung Diamantina. Titik terdalam palung ini mencapai 7.079 m yang berada di Samudera Hindia. Tetapi kedalaman palung ini masih menjadi perdebatan, pasalnya beberapa peneliti menyebut kedalaman palung ini mencapai 8.047 m.

7. Palung Mediterania

Palung yang ada di Laut Mediterania ini memiliki kedalaman mencapai 5.627 m, dengan kedalamannya berada pada Calypso Deep. Banyak orang menyebut jika palung terdalam dari laut ini sangat misterius, karena jangkauannya sangat misterius, yaitu 2,5 juta km. Hal itu pun membuat palung yang ada di dalam laut ini mencapai rata-rata 1.502 m dan dinobatkan sebagai palung terluas di dunia.

Komentar