7 Gunung Tertinggi Di Dunia

Tidak ada komentar

Ada banyak sekali gunung di dunia ini. Gunung-gunung tersebut tersebar di berbagai belahan dunia, berbagai benua dan berbagai negara. Disini saya sudah merangkum 7 gunung tertinggi di dunia.

1. Gunung Everest

Gunung tertinggi di dunia diraih oleh Gunung Everest. Gunung ini menjadi yang tertinggi di Asia dan Dunia. Dengan ketinggian lebih dari 8.800 mdpl, gunung ini memiliki salju di puncaknya dan menjadi primadona bagi para pendaki meski berbahaya dan banyak menelan korban. Gunung Everest terletak di Pegunungan Himalaya dan merupakan lipatan terbesar lempeng tektonik India dan Eurasia. Gunung Everest memiliki setidaknya 20 jalur pendakian, yang paling populer adalah jalur Southeast Ridge dari Nepal. Gunung ini biasanya ramai pendaki pada bulan April dan Mei, sebelum monsun Himalaya.

2. Gunung  Aconcagua

Gunung tertinggi kedua terletak di Argentina. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 6.961 mdpl, dan berada di jajaran Pegunungan Andes yang tidak cuma terkenal dengan cuaca yang ekstrem dan badai anginnya. Daerah ini juga diselimuti oleh es, gletser dan bebatuan. Karena faktor itu gunung ini disrankan untuk para pendaki profesional dibandingkan pendaki amatir. Kebanyakan pendaki memilih mendaki gunung ini pada pertengahan Desember sampai Februari. Hal itu karena bertepatan dengan musim panas dan waktu yang disarankan untuk mendaki gunung ini.

3. Gunung Denali

Di posisi ketiga di tempati oleh Gunung Denali yang memiliki ketinggian mencapai 6.194 mdpl. Gunung ini terletak di Amerika Utara, tepatnya di Pegunungan Alaska bernama Gunung Mckinley. Para ilmuwan menyebutkan bahwa gunung ini masih bisa bertambah setengah milimeter pertahun. Meski puncak gunung ini dikenal ekstrem, namun wilayah ini memiliki Denali Park Road yang memberikan pemandangan luar biasa dari puncaknya. Lokasi dengan luas 2,5 juta hektare ini memiliki beragam satwa liar. Tempat ini dihuni oleh 40 mamalia dan 172 spesies burung. Jalur yang paling populer untuk mendaki gunung ini yaitu melalui jalur West Buttress. Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini sekitar bulan Mei sampai Juli yang bertepatan musim semi sampai awal musim panas di Alaska tengah.

4. Gunung Kilimanjaro

Gunung tertinggi keempat terletak di dataran Afrika Timur, tepatnya Tanzania Utara. Gunung dengan ketinggian 5.895 mdpl ini memiliki banyak misteri dan keindahan. Dengan pesonanya Gunung Kilimanjaro membuat lebih dari 50.000 pendaki dalam satu tahun. Gunung ini memiliki banyak jalur yang melewati hutan hujan tropis, padang rumput, gurun alpine dan masih banyak lagi. Meski begitu, tidak banyak yang bisa mendaki sampai puncak. Pemandu setempat menyebut hanya 30 persen pendaki yang berhasil sampai ke puncak. Musim kemarau pada akhir Juni sampai Oktober adalah waktu yang tepat untuk mendaki gunung ini, puncaknya pada bulan September.

5. Gunung Elbrus

Gunung yang berlokasi di Pegunungan Kaukasus ini terkenal dengan puncak kembarnya. Gunung ini menjadi gunung tertinggi dan terbesar di Rusia. Dengan ketinggian mencapai 5.642 mdpl juga menjadikannya gunung kelima tertinggi di dunia. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang populer yaitu jalur sisi selatan gunung. Waktu yang disarankan untuk mendaki gunung ini pada bulan Juni sampai Agustus, yakni selama periode musim panas di Pegunungan Kaukasus.

6. Gunung Vinson Massif

Gunung yang terletak di Antartika, Kutub Selatan ini menjadi gunung keenam tertinggi di dunia. Gunung Vinson Massif memiliki ketinggian mencapai 4.892 mdpl. Karena lokasinya yang terpencil gunung ini terakhir di eksplorasi pada tahun 1966. Gunung Vinson Massif tergolong tidak terlalu sulit untuk didaki, namun suhu yang ekstrem dan lokasi yang terpencil menjadikannya menantang. Waktu pendakian yang disarankan untuk mendaki gunung ini pada bulan Desember sampai Februari, yakni saat antartika mendapat sinar matahari selama 24 jam. Melewati rute standar, para pendaki bisa memakan waktu 5-10 hari untuk sampai ke puncak.

7. Gunung Jayawijaya

Gunung Jayawijaya di Papua termasuk kedalam tujuh gunung tertinggi di dunia dan menjadi yang tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl ini memiliki salju yang terancam menghilang akibat perubahan iklim. Untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid, para pendaki banyak memilih jalur pertambangan PT Freeport Indonesia. Periode yang tepat untuk mendaki gunung jayawijaya pada bulan Oktober dan Maret. Sebenarnya bisa saja sepanjang tahun, tetapi pada bulan-bulan lainnya memiliki curah hujan yang lebih tinggi.

Komentar