7 Pulau Terbesar Di Dunia

Tidak ada komentar

Di berbagai belahan dunia ini banyak sekali pulau-pulau mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil. Disini saya sudah merangkum 7 pulau terbesar di dunia.

1. Pulau Greenland

Greenland menjadi pulau terbesar di dunia. Pulau ini memiliki luas wilayah mencapai 2.166.086 km². Greenland terletak di bagian utara bumi, sebelah timur teluk Baffin, dan seberang Kanada bagian utara. Pulau yang merupakan bagian dari Denmark ini terkenal akan gletser dan udara dinginnya. Lebih dari 1,8 juta km² wilayahnya tertutup oleh es. Hal tersebut karena dua per tiga pulau ini berada di atas lingkaran arktik yang menciptakan iklim yang dingin sepanjang tahun.

2. Pulau Papua

Pulau Papua atau Nugini menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah Greenland. Pulau ini memiliki luas wilayah mencapai 785.753 km², Pulau ini terletak di Samudera Parifik. Sebelah selatan Australia, sebelah barat Kepulauan Solomon, sebelah utara Laut Filipina, dan sebelah timur Laut Banda. Pulau ini juga ditempati oleh dua negara, yaitu sebelah barat Negara Indonesia yang termasuk kedalam Benua Asia dan sebelah timur Negara Papua Nugini yang termasuk kedalam Oseania.

3. Pulau Kalimantan

Diposisi ketiga ada Pulau Kalimantan yang menjadi pulau terbesar di dunia. Pulau ini memiliki luas wilayah mencapai 743.330 km². Pulau ini ditempati oleh tiga negara sekaligus, yaitu lebih dari 70 persen wilayahnya menjadi milik Negara Indonesia, 25 persen wilayah Malaysia, dan sisanya milik Negara Brunei Darussalam.

4. Pulau Madagaskar

Madagaskar menjadi pulau keempat terbesar di dunia. Pulau ini memiliki luas wilayah mencapai 587.713 km². Pulau ini terletak di Benua Afrika dan menjadi pulau terbesar di Afrika. Tepatnya di sebelah timur Selat Mozambik dan berrada di Samudera Hindia. Madagaskar terkenal akan keanekaragaman satwa dan keanekaragaman hayatinya.

5. Pulau Baffin

Pulau Baffin menjadi pulau kelima terbesar di dunia. Pulau ini merupakan bagian dari Negara Kanada. Pulau ini memiliki luas 507.451 km². Pulau ini juga berada dalam lingkaran arktik, dekat dengan Greenland, dan berada di tepi timur wilayah Nunavut. Dipulau ini juga ada beberapa satwa yang hidup antara lain beruang kutub, burung hantu salju, dan paus beluga.

6. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera menjadi pulau keenam terbesar di dunia. Pulau ini terletak di Negara Indonesia, dengan luas mencapai 443.066 km² ini letaknya di sebelah Utara dan timur Samudera Hindia, serta sebelah selatan Laut Andaman. Pulau ini menjadi rumah bagi banyak satwa liar antara lain monyet, harimau sumatera, badak, dan gajah.

7. Pulau Honshu

Pulau Honshu menjadi pulau ketujuh terbesar di dunia. Pulau ini merupakan bagian dari Negara Jepang dan menjadi pulau terbesar di Jepang. Kota-kota besar di Jepang juga berada di pulau ini seperti Tokyo dan Kyoto. Maka tidak heran jika sebagian besar penduduk Jepang berada di pulau ini. Gunung Fuji dan Danau Biwa juga terletak di pulau ini.

Komentar