Albert Einstein

Tidak ada komentar

 

Albert Einstein

Albert Einstein adalah fisikawan teoreris kelahiran Jerman (14 Maret 1879). Ia dikenal secara luas sebagai salah seorang fisikawan terhebasa sepanjang masa. Albert Einstein terkenal karena pengembangan teori relativitas dan membuat kontribusi besar dalam pengembangan teori mekanika kuantum. Relativitas dan mekanika kuantum adalah dua faktor utama fisika modern.

Persamaan Albert Einstein yang sangat terkenal adalah E = mc² (persamaan massa-energi). Albert Einstein mendapatkan Nobel Fisika pada tahun 1921 atas jasanya terhadap fisika teoretis. Pada awal kariernya Albert Einstein berpendapat bahwa mekanika Newton tidak lagi mampu menyatukan hukum klasik dengan hukum elektromagnetik. Hal ini yang mendorongnya untuk mengembangkan teori relativitas khusus saat bekerja di kantor paten Swiss (Bern 1902-1909).

Pada tahun 1933 Albert Einstein pindah mengunjungi Amerika Serikat dan memilih menetap disana dan menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1940. Menjelang Perang Dunia II, Albert Einstein mengirim surat kepada Presiden Franklin D. Roosevelt yang mengingatkan bahwa ada potensi bom baru yang lebih dahsyat. Pada masa akhir kariernya ia mengabdi di Institute for Advanced Study di Princeton, New Jersey, hingga akhirnya ia juga meninggal disana pada tahun 1955 diusia 76 tahun.

Komentar