5 Hewan Laut Terbesar Di Dunia

Tidak ada komentar

Di Bumi ini terdapat lebih banyak Lautan di bandingkan daratannya. Lautan bumi belum sepenuhnya di jelajahi, tetapi banyak makhluk yang hidup disana. Disini saya sudah merangkum 7 hewan laut terbesar di dunia.

1. Paus Biru

Paus biru merupakan hewan lautan terbesar yang pernah ada di dunia. Hewan ini mengalahkan panjang dinosaurus terbesar sekalipun yang pernah hidup. Mungkin ada yang pernah melihat foto paus biru, kenyataannya paus ini sangat besar. Paus ini memiliki panjang mencapai 33 meter dan berat 441.000 pound. Detak jantung paus biru bisa terdeteksi dari jarak dua mil. Saat paus biru lahir ia sudah masuk kedalam peringkat diantara hewan laut dewasa terbesar di dunia.

Pada abad ke-20 paus ini mengalami penurunan populasi karena pemburuan paus. Untungnya, populasi sudah mulai pulih karena adanya larangan pemburuan paus secara global. Saat ini populasi paus biru kurang dari 25.000 dan paus ini masih terancam punah karena adanya perubahan iklim dan juga ancaman kapal.

2. Ubur-Ubur Surai Singa

Paus biru menempati urutan teratas hewan laut terbesar di dunia secara keseluruhan, nah ubur-ubur surai singa menempati urutan teratas hewan laut terpanjang di dunia. Ubur-ubur ini mempunyai tentakel yang panjangnya mencapai 36,6 meter. Akan tetapi tentakel yang panjang itu membuatnya mudah terjerat pada puing-puing laut dan tentakel lainnya. Oleh karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkontraksi dan mereka juga rentan terhadap pemangsa yang menyukai tentakelnya. Tetapi tentakel ubur-ubur ini menyimpan racun dan menjadikannya jebakan untuk pemangsanya.

3. Paus Sperma

Paus sperma adalah jenis paus yang memiliki gigi besar dan termasuk ke dalam pemangsa bergigi bessar. Paus ini memiliki panjang mencapai 24 meter, jika paus ini berdiri horizontal maka akan sama seperti gedung yang memiliki 8 lantai. Paus jenis ini memiliki otak terbesar dari semua hewan yang ada di dunia. Pada abad ke-18 sampai abad ke-20 terjadi pemburuan paus, para pemburu mencari spermaceti yang merupakan zat lilin yang ada di dalam rongga kepala paus tersebut. Zat ini digunkan untuk membuat kosmetik, lilin, sabun, dan sebagainya. Sebelum ada perburuan paus, diperkirakan terdapat 1,1 juta populasi paus ini di lautan, namun sekarang setelah masa pemburuan berakhir paus ini memiliki populasi sekitar ratusan ribu saja.

4. Hiu Paus

Diurutan selanjutnya ada whale shark atau hiu paus. Hiu paus memiliki panjang mencapai 18 meter dan mereka menjelajah lautan di bumi ini untuk mencari plankton yang merupakan makanan favoritnya. Hewan ini termasuk kedalam hewan yang ramah dan terkadang suka bermain dengan orang yang suka berenang bersama mereka. Hewan ini juga termasuk kedalam hewan yang terancam punah, karena di sebagian wilayah dunia ini masih banyak yang memburu hiu ini.

5. Hiu Basking

Hiu basking yang terbesar pernah tercatat dengan ukuran lebih dari 12 meter, mereka mempunyai berat yakni sekitar 8.500 pound. Jenis hiu ini sering kali terlihat moncongnya yang besar dan terbuka dengan sangat lebar di permukaan air. Akan tetapi, manusia tidak perlu takut apabila menemukan hiu tersebut ketika berenang di laut. Sebab, mereka merupakan hewan laut raksasa yang lembut dan hanya akan memakan plankton, larva, telur ikan, dan lainnya.

Komentar