5 Hewan Darat Terbesar Di Dunia

Tidak ada komentar

Di dunia ini banyak memiliki hewan-hewan yang terdapat di berbagai belahan bumi ini. Disini saya sudah merangkum 7 hewan darat terbesar di dunia.

1. Gajah Afrika

Hewan darat terbesar pertama yang masih hidup sampai saat ini adalah gajah afrika, yang beratnya mencapai 6.350 kg atau sekitar 7 ton. Hewan ini biasanya tumbuh hingga 10,6 meter dari belalai ke ekor, dan memiliki tinggi 4,2 meter. Ada dua spesies gajah yaitu, gajah sabana dan gajah hutan, yang saat ini disebut-sebut sebagai spesies langka yang masuk ke dalam Daftar Merah Spesies Terancam dari Internasonal Union for Conservation of Nature (IUCN).

2. Buaya Air Asin

Buaya air asin adalah salah satu spesies buaya terbesar di dunia yang tumbuh dengan panjang rata-rata 5,2 meter. Perlu diketahui bahwa panjang buaya air asin ini masih bisa bertambah mencapai 6,3 meter dengan berat 435 kg. Buaya air asin dapat memakan semua hewan yang bisa mereka mangsa, termasuk hiu jika ada kesempatan. Buaya air asin ini tersebar luas di perairan payau dan asin di beberapa bagian india, Asia dan Australia.

3. Gorila

Gorilla merupakan primata terbesar di dunia. Salah satu jenis gorila yang ada yaitu beringei, memiliki tinggi sekitar 1,9 meter dengan berat mencapai 205 kilogram. Hewan ini dianggap sebagai hewan paling besar dibandingkan spesies lain yang hidup di hutan, terutama di pengunungan Republik Demokratik Kongo. Sayangnya, saat ini hanya ada sekitar 5.000 gorila yang tersisa di Bumi, sehingga mereka termasuk kedalam daftar hewan yang terancam punah.

4. Burung Unta

Hewan terbesar yang hidup didarat selanjutnya adalah salah satu jenis unggas, yaitu burung unta. Burung unta merupakan jenis burung terbesar dengan tinggi 2,7 meter dan berat 156 kg. Keunikan yang dimiliki burung ini adalah mereka tidak memiliki gigi dan mampu bertahan hidup tanpa air selama berhari-hari. Hal ini karena mereka dapat membuat air sendiri secara internal dan mengekstrak sisanya dari tumbuh-tumbuhan yang mereka konsumsi.

5. Harimau

Harimau termasuk sebagai kucing terbesar di dunia. Hewan yang satu ini memiliki tubuh dengan panjang mencapai tiga meter dan berat mencapai 300 kilogram. Harimau memiliki tubuh yang besar dikarenakan ia mampu memakan daging sebanyak 27 kilogram atau lebih dalam waktu satu malam saja. Harimau juga lebih suka menghabiskan waktunya untuk berjauhan dengan harimau lain, artinya hewan ini dikenal saling menghormati di wilayahnya masing-masing.

Komentar