5 Hewan Darat Tercepat Di Dunia

Tidak ada komentar

Hewan di bumi ini sangat beranekaragam, mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil dan yang tercepat sampai yang terlambat, ada yang hidup di darat dan di laut. Berikut 5 hewan darat tercepat di dunia.

1. Cheetah

Berdasarkan data Smithsonian National Zoo dan Conservaion Biology Institute, cheetah merupakan hewan tercepat di dunia. Kecepatan hewan ini mencapai 112 kilometer per jam dan dapat berakselerasi dari nol sampai 45 hanya dalam waktu 2,5 detik. Hewan ini memiliki tubuh yang ramping dan kaki yang panjang, bentuk tubuhnya tersebut bermanfaat untuk mengoptimalkan lari dari hewan tersebut. Ketika cheetah berlari dalam kecepatan maksimum, langkah kakinya bisa sampai 7 meter. Cheetah memiliki kepala berukuran kecil dan mempunyai mata yang tinggi. Terdapat bercak hitam yang mengalir dari mata sampai ke mulut.

2. Pronghorn

Pronghorn atau kijang tanduk bercabang adalah hewan yang menempati tempat kedua di urutan hewan tercepat di dunia. Hewan ini mampu berlari hingga kecepatan 98 kilometer per jam. Hewan ini identik dengan warna cokelat kemerahan dan tinggi sekitar 90 cm. Memiliki garis-garis putih di bagian leher dan memiliki warna putih pada perutnya.

3. Spingbok

Menempati urutan ketiga hewan tercepat di dunia. Hewan ini mampu berlari hingga kecepatan 88 kilometer per jam. Hewan ini identik dengan warna cokelat muda dan tinggi sekitar 85 cm. Springbok merupakan sejenis antelop asli Afrika dan Eurasia. Ciri dari hewan ini memiliki wajah putih dengan garis gelap yang membentang dari mata ke mulut. Springbok sering ditemukan di kawasan Afrika Selatan dan barat daya. Hewan ini juga memiliki tubuh yang ramping dan memiliki kaki yang panjang.

4. Wildebeest

Hewan yang memduduki posisi empat dalam hewan tercepat di dunia ini memiliki kecepatan mencapai 80 kilometer per jam. Hewan ini merupakan hewan endemik dari Benua Afrika. Hewan ini memiliki tanduk yang melengkung, tubuh bagian depan yang kekar dan tubuh bagian belakang yang ramping. Wildebeest memiliki mantel berwarna abu-abu dan surai hitam serta memiliki janggut yang berwarna hitam atau putih. Hewan ini hidup di kawasan sabana Serengeti di Tanzania dan migrasi besar pada antara bulan Juli sampai Agustus untuk mencari kawasan yang lebih hijau.

5. Kuda Kuartal Amerika

Kuda kuartal Amerika atau American quarter horse memiliki kecepatan berlari hingga 71 kilometer per jam. Karena kemampuan larinya menjadikan kuda ini menempati posisi lima hewan tercepat di dunia. Kuda jenis ini memiliki tubuh pendek dan kekar dengan perkembangan otot yang berat. Kuda ini biasanya di gunakan untuk memisahkan ternak dari kawanannya, dan memiliki kemampuan berlari jarak pendek yang berkualitas.

Komentar