5 Hewan Terlambat Di Dunia

Tidak ada komentar

Di dunia ini banyak menyimpan hewan-hewan dari mulai yang tercepat sampai yang terlambat. Disini saya sudah merangkum 5 hewan terlambat di dunia.

1. Anemon Laut

Anemon laut adalah hewan terlambat di dunia. Hewan ini bergerak dengan kecepatan 0.0001 km per jam. Anemon laut termasuk ke dalam kelompok hewan laut predator dari ordo actiniari. Karena penampilannya yang berwarna-warni, hewan laut ini diberi nama anemon dari nama tanaman bunga terestrial. Anemon laut masih satu kerabat dengan karang dan ubur-ubur. Lebih dari 1.000 spesies anemon laut dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Jika merasa lingkungannya terancam, hewan ini bergerak menggunakan kakinya yang disebut pedal disk secara perlahan.

2. Siput Taman

Siput taman menempati posisi kedua dalam urutan hewan terlambat di dunia. Hewan ini memiliki kecepatan 0.001 km per jam, hewan ini memiliki nama ilmiah Cornu Aspersum. Hewan ini bergerak dengan satu kaki yang panjang dan berotot untuk merangkak diatas lapisan lendir. Lendir ini memiliki sifat fisik yang tidak biasa dan para ilmuwan berasumsi bahwa lendir ini sangat berpengaruh bagi pergerakan siput tersebut. Lendir yang berbau dan besara tidak enak ini juga berfungsi agar terhindar dari predator.

3. Bintang Laut

Menempati urutan ketiga dalam daftar hewan terlambat di dunia, bintang laut memiliki kecepatan 0.0009 km per jam. Bintang laut memiliki ratusan kaki kecil disetiap ujung lengannya. Untuk bergerak, mereka mengisi kaki ini dengan air laut yang menyebabkan lengan bergerak seperti kaki. Pergerakannya yang lambat, membuat bintang laut terkadang menggunakan arus air untuk bergerak lebih cepat. Meski lambat, beberapa spesies bintang laut memiliki pertahanan yang berbasis bahan kimia. Contohnya, lendir yang berada di bagian tubuhnya memiliki racun yang berbahan kimia.

4. Kuda Laut

Kuda laut menempati posisi keempat hewan terlambat di dunia dengan kecepatan hewan ini 0.015 km per jam. Kuda laut menggunakan sirip punggungnya untuk bergerak maju secara perlahan. Sedangkan untuk bergerak ke atas dan ke bawah, kuda laut menyesuaikan volume udara di kantung renang mereka. Tubuh kuda laut ditutupi pelat kecil berduri sampai ke ekornya yang melengkung dan fleksibel. Kuda laut menggunakan ekornya sebagai perlindungan dari pemangsa.

5. Sloth

Sloth merupakan hewan mamalia terlambat di dunia. Hewan ini yang merupakan hewan terlambat urutan kelima di dunia ini bergerak dengan kecepatan 0.27 km per jam. Hewan ini memiliki metabolisme yang rendah sehingga ia bergerak sangat lamban di pepohonan. Sloth juga memiliki penglihatan yang buruk dan adaptasi yang hemat energi yang membuatnya bergerak sangat lambat. Meskipun sloth bergerak sangat lambat, namun sloth bergerak tiga kali lebih cepat saat berenang.

Komentar