7 Negara Terkaya Di Dunia

Tidak ada komentar

Di dunia ini banyak negara-negara yang berdiri dan memiliki kekayaannya masing-masing. Disini saya sudah merangkum 7 negara terkaya di dunia.

1. Luksemburg

Luksemburg menjadi negara terkaya di dunia, negara ini berada di kawasan benua Eropa. PDB Luksemburg mencapai 140.694 dollar AS per kapita. Negara ini memliki banyak hal yang bisa ditawarkan untuk turis maupun warganya. Negara ini menggunakan sebagian besar kekayaannya untuk menyediakan perumahan, pendidikan, dan layanan kesehatan yang lebih baik bagi wargannya. Negara ini memiliki jumlah penduduk sekitar 630.000 jiwa dan mereka menikmati standar hidup tertinggi di kawasan benua Eropa.

2. Singapura

Singapura menjadi negara kedua terkaya di dunia. Negara ini terletak di kawasan benua Asia, tepatnya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan tetangga negara Indonesia ini memiliki PDB mencapai 131.580 dollar AS per kapita. Saat Singapura merdeka pada tahun 1965, sebagian penduduknya buta huruf dan hampir tidak memiliki kekayaan alam. Sehingga Singapura menarik diri dan berkembang menjadi salah satu tempat bisnis terbaik di dunia. Hingga saat ini, Singapura menjadi pusat perdagangan, manufaktur, dan pusat keuangan yang berkembang pesat.

3. Irlandia

Di posisi ketiga ada negara Irlandia yang menjadi negara terkaya di dunia. Negara ini terletak di kawasan benua Eropa. Total PDB negara ini mencapai 124.595 dollar AS per kapita. Pada tahun 2019 pendapatan negara ini mencapai 4,9 persen dikawasan tersebut. Pada tahun 2020 meningkat menjadi 5,8 persen dan pada tahun 2021 meningkat dua kali lipat yaitu sekitar 13 persen.

4. Qatar

Beralih kembali ke benua Asia ada negara Qatar yang terletak di kawasan Asia Barat ini menjadi negara keempat terkaya di dunia. Negara ini memiliki PDB sebesar 112.789 dollar AS per kapita. Negara ini memiliki sumber daya alam berupa minyak, gas, dan petrokimia yang sangat banyak membuatnya mampu menciptakan keajaiban arsitektur yang modern dan menjadikannya pusat pembelanjaan yang mewah. Bahkan Qatar pernah menjadi pemuncak daftar negara terkaya di dunia dalam 20 tahun berturut-turut.

5. Macau

Masih di kawasan benua Asia ada negara Macau yang tepatnya berada di kawasan Asia Timur. Negara ini memiliki PDB sebesar 85.611 dollar AS per kapita. Dulunya negara ini merupakan Koloni Kekaisaran Portugis, namun kini kekayaan macau tumbuh dengan cepat. Dengan jumlah penduduk mencapai 600.000 jiwa menjadikannya salah satu wilayah terpadat di dunia. Dan Memiliki 40 kasino yang tersebar di wilayah tersebut, Macau kini menjadi negara penghasil uang.

6. Swiss

Di urutan keenam ada negara Swiss yang masuk ke dalam negara terkaya di dunia. Negara ini terletak di wilayah benua Eropa dan negara ini juga memiliki PDB sebesar 84.658 dollar AS per kapita. Negara Swiss memiliki penduduk sekitar 8,6 juta jiwa dan memiliki keunggulan dalam bidang layanan perbankan, pariwisata, asuransi, dan ekspor seperti farmasi, logam mulia, instrumen, permata, dan mesin presisi.

7. Uni Emirat Arab

Kembali lagi ke kawasan benua Asia ada negara Uni Emirat Arab yang masuk daftar negara terkaya di dunia. Negara yang terletak di Asia Barat ini memiliki PDB sebesar 78.255 dollar AS per kapita. Penemuan ladang minyak pada tahun 1950-an mengubah negara ini yang tadinya sebuah negara pertanian, penangkapan ikan, dan penjualan mutiara ini mejadi sektor pariwisata, konstruksi, serta pusat perdagangan. Yang menjadikannya pusat industri negara ini.

Komentar