5 Klub Terkaya Di Liga Inggris

Tidak ada komentar

Negara Inggris memiliki banyak klub-klub sepak bola yang terkenal dan termasuk kedalam klub-klub terkaya di dunia. Disini saya sudah merangkum 5 klub terkaya di Liga Inggris.

1. Manchester United

Di urutan pertama ditempati oleh klub dari kota Manchester yaitu Manchester United. Kekayaan klub ini sebesar USD 4,22 miliar atau sekitar Rp. 67,313 triliun. Klub ini bermarkas di Old Trafford, Manchester. Klub dengan julukan The Red Devils ini menjadi peraih gelar juara Liga Utama Inggris terbanyak sepanjang masa. Klub ini didirikan pada tahun 1878 dengan nama Newton Heath LYR F.C dan berganti nama menjadi Manchester United pada tahun 1902.

2. Liverpool

Di posisi berikutnya ada klub dari kota Liverpool yaitu Liverpool F.C. Kekayaan klub ini sebesar USD 4,15 miliar atau sekitar Rp. 65,022 triliun. Klub ini bermarkas di Anfield, Liverpool. Klub ini memiliki julukan The Reds dan meraih gelar juara Liga Utama Inggris sebanyak 19 kali. Klub ini didirikan pada tahun 1892 dan bergabung dengan Liga Inggris pada tahun berikutnya.

3. Manchester City

Di posisi ketiga kembali lagi ke kota Manchester yaitu ada Manchester City. Klub ini memiliki kekayaan sebesar USD 4,05 miliar atau sekitar Rp. 63,382 triliun. Klub ini bermarkas di Etihad, Manchester. Klub dengan julukan The Cityzens ini belakangan menjadi klub yang sangat menyeramkan dan meraih gelar juara Liga Utama Inggris sebanyak 8 kali. Klub ini didirikan pada tahun 1880 dengan nama Mark's (West Gorton). Pada tahun 1887 berubah nama menjadi Ardwick A.F.C. dan pada tahun 1894 menjadi Manchester City F.C.

4. Chelsea

Di posisi keempat beralih ke kota London ada klub Chelsea F.C. Kekayaan klub ini sebesar USD 3,3 miliar atau sekitar Rp. 51,666 triliun. Klub ini bermarkas di Stamford Bridge, London. Klub dengan julukan The Blues ini meraih 6 gelar juara Liga Utama Inggris. Klub ini didirikan pada tahun 1905 dan menjadi salah satu klub sepak bola Inggris tersukses dengan meraih lebih dari tiga puluh gelar juara kompetisi domestik maupun internasional.

5. Arsenal

Di posisi kelima masih di London ada klub Arsenal yang menjadi klub terkaya di Liga Inggris. Kekayaan klub ini sebesar USD 2,9 miliar atau sekitar Rp. 45,403 miliar. Klub ini bermarkas di Emirates Stadium, London. Klub dengan julukan The Gunners ini sudah 13 kali meraih gelar juara Liga Utama Inggris dan menjadi peraih juara FA Cup terbanyak. Klub ini didirikan pada tahun 1886 dengan nama Dial Square, lalu berganti nama menjadi Royal Arsenal dan pada tahun 1891 berubah nama menjadi Woolwich Arsenal.

Komentar