5 Penemu Bahasa Pemrograman Part 2

Tidak ada komentar

Di dunia saat ini semakin banyak yang menggunakan teknologi digital, maka dari itu saya sudah merangkum 5 penemu bahasa pemrograman.

1. Dennis Ritchie

Dennis MacAlistair Ritchie (9 September 1941 – 12 Oktober 2011) adalah seorang ilmuwan komputer Amerika . Dia paling terkenal karena menciptakan bahasa pemrograman C dan dengan rekan lamanya Ken Thompson, sistem operasi Unix dan bahasa pemrograman B. Ritchie dan Thompson dianugerahi Penghargaan Turing dari ACM pada tahun 1983, Medali Hamming dari IEEE pada tahun 1990 dan Medali Teknologi Nasional dari Presiden Bill Clintonpada tahun 1999. Ritchie adalah kepala Departemen Riset Perangkat Lunak Sistem Lucent Technologies ketika dia pensiun pada tahun 2007. Dia adalah "R" di K&R C , dan umumnya dikenal dengan nama pengguna dmr.

2. James Gosling

James Gosling OC (lahir 19 Mei 1955) adalah seorang ilmuwan komputer Kanada, paling dikenal sebagai pendiri dan perancang utama di balik bahasa pemrograman Java. Gosling terpilih sebagai anggota National Academy of Engineering pada tahun 2004 untuk konsepsi dan pengembangan arsitektur untuk bahasa pemrograman Java dan kontribusi untuk sistem jendela. Ia dikenal sebagai bapak bahasa pemrograman Java. Dia mendapat ide untuk Java VM saat menulis sebuah program untuk mem-port perangkat lunak dari PERQ dengan menerjemahkan Perq Q-Code ke assembler VAX dan meniru perangkat kerasnya. Dia umumnya dikreditkan karena menemukan bahasa pemrograman Java pada tahun 1994. Dia menciptakan desain asli Java dan mengimplementasikan kompiler dan mesin virtual asli bahasa tersebut.

3. Yukihiro Matsumoto

Yukihiro Matsumoto (まつもとゆきひろ, lahir 14 April 1965) juga dikenal sebagai Matz adalah seorang ilmuwan komputer Jepang dan pemrogram perangkat lunak yang paling dikenal sebagai kepala desainer bahasa pemrograman Ruby dan implementasi referensi aslinya, Matz's Ruby Interpreter ( MRI). Sikapnya telah melahirkan moto di komunitas Ruby: "Matz itu baik dan kami juga baik," biasa disingkat MINASWAN. Pada 2011 , Matsumoto adalah Kepala Arsitek Ruby di Heroku , platform cloud online sebagai layanan di San Francisco. Dia adalah rekan dari Rakuten Institute of Technology , sebuah organisasi penelitian dan pengembangan di Rakuten Inc. Dia ditunjuk sebagai penasihat teknis untuk VASILY, Inc. mulai Juni 2014.

4. Guido van Rossum

Guido van Rossum (lahir 31 Januari 1956) adalah seorang programmer Belanda. Pada bulan Desember 1989, Van Rossum telah mencari proyek pemrograman "hobi yang akan membuat dia sibuk selama minggu sekitar Natal" karena kantornya ditutup ketika dia memutuskan untuk menulis juru bahasa untuk bahasa skrip baru, dia telah memikirkan akhir-akhir ini yaitu keturunan ABC yang akan menarik bagi para peretas Unix / C . Dia mengaitkan memilih nama "Python" untuk berada dalam suasana hati yang sedikit tidak sopan (dan penggemar berat Sirkus Terbang Monty Python ).

5. Bjarne Stroustrup

Bjarne Stroustrup (lahir 30 Desember 1950) adalah seorang ilmuwan komputer Denmark, Pada tahun 1979, Stroustrup memulai karirnya sebagai anggota staf teknis di Computer Science Research Center of Bell Labs di Murray Hill, New Jersey, USA. Di sana, ia mulai mengerjakan C++ dan teknik pemrograman. Stroustrup adalah kepala departemen Riset Pemrograman Skala Besar AT&T Bell Labs , dari pendiriannya hingga akhir tahun 2002. Pada tahun 1993, ia diangkat menjadi rekan Bell Labs dan pada tahun 1996, menjadi AT&T Fellow.

Dari tahun 2002 hingga 2014, Stroustrup adalah College of Engineering Chair Professor di bidang Ilmu Komputer di Texas A&M University. Sejak 2011, ia diangkat menjadi Profesor Universitas Terkemuka. Dari Januari 2014 hingga April 2022, Stroustrup adalah rekan teknis dan direktur pelaksana di divisi teknologi Morgan Stanley di New York City dan profesor tamu dalam ilmu komputer di Universitas Columbia. Juli 2022, Stroustrup adalah profesor Ilmu Komputer di Universitas Columbia.

Komentar