5 Sejarah Bahasa Pemrograman Part 2

Tidak ada komentar

Sejarah Bahasa Pemrograman Dart

Bahasa pemrograman Dart dirancang dan dikembangkan oleh Lars Bak dan Kasper Lund di Google dan secara resmi diperkenalkan pada tanggal 10 Oktober 2011 dan versi Dart yang pertama yaitu versi 1.0 resmi dirilis pada tanggal 14 November 2013. Versi terbaru dari Dart adalah versi 2.13. 0 yang dirilis pada 18 Mei 2021.

Sejarah Bahasa Pemrograman Ruby

Ruby adalah salah satu bahasa pemrograman unggulan untuk mengembangkan aplikasi web.Sejarah. Ruby pertama kali dibuat oleh seorang programmer Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Pada tahun 1993 Yukihiro ingin membuat bahasa skrip yang memiliki kemampuan orientasi objek.

Sejarah Bahasa Pemrograman C

Bahasa Pemrograman C, Pemrograman sistem sudah ada sejak komputer pertama diciptakan pada tahun 1936–1938. Namun pada awalnya, seorang programmer bekerja dengan bahasa komputer yang sangat sulit dipahami manusia, bahasa itu disebut bahasa mesin.

Bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman komputer tujuan umum yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Secara desain, fitur C dengan jelas mencerminkan kemampuan CPU yang ditargetkan.

Sejarah Bahasa Pemrograman C#

C# atau dibaca C Sharp, merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Pemrograman C# sendiri dibangun dari basis pemrograman C++ dengan pengaruh berupa fitur-fitur yang terdapat pada bahasa pemrograman lain seperti : Delphi, Java dan juga Visual Basic. Anderls Helsberg direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan bahasa ini dan pada tahun 2000 C# pertama kali dirilis. memperkenalkan.

Pada akhir 1990-an, Microsoft membuat program Microsoft Visual J++ sebagai percobaan untuk menggunakan Java di sistem operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka Model Objek Komponen Microsoft (COM). Namun, karena masalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemrograman Java, Sun Microsystems, Microsoft menghentikan pengembangan J++, dan malah membangun pengganti J++, kompilernya, dan mesin virtualnya sendiri menggunakan bahasa pemrograman tujuan umum.

Sejarah Bahasa Pemrograman ActionScript 

ActionScript adalah bahasa pemrograman berbasis ECMAScript, yang digunakan dalam mengembangkan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga digunakan di beberapa aplikasi database, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, namun sekarang dimiliki dan dilanjutkan oleh Adobe yang membeli Macromedia pada tahun 2005.

ActionScript 1.0 pertama kali dirilis pada Flash 5 yang merupakan pengembangan dari 'Ation' pada Flash 4, dan masih digunakan hingga Flash MX (Flash 6). ActionScript 2.0 kemudian dirilis pada Flash MX 2004 (Flash 7), Flash 8, hingga Flash CS3 (Flash 9). Sebagai generasi berikutnya dari ActionScript 1.0 dengan keunggulan kemampuan pemeriksaan waktu kompilasi, pengetikan variabel yang ketat, sintaks berbasis kelas (yang sebelumnya berbasis prototipe), dll. ActionScript 3.0 adalah restrukturisasi mendasar dari model pemrograman sebelumnya. Penggunaannya meluas terutama dalam pengembangan RIA (Rich Internet Application) dengan hadirnya Flex yang menawarkan hal serupa seperti AJAX, JavaFX, dan Microsoft Silverlight.


Komentar