5 Sejarah Bahasa Pemrograman Part 3

Tidak ada komentar

Sejarah Bahasa Pemrograman php

PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Saat itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yaitu berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Selanjutnya, Rasmus merilis kode sumbernya ke publik dan menamakannya PHP/FI.

Sejarah Bahasa Pemrograman golang

Golang pertama kali dirilis pada November 2009. Golang telah digunakan di lingkungan produksi oleh Google dan perusahaan lain. Terdapat dua implementasi utama: kompiler Go Google, "gc", yang dikembangkan sebagai perangkat lunak sumber terbuka.

Sejarah Bahasa Pemrograman Swift

Pengembangan bahasa pemrograman Swift dimulai pada tahun 2010 oleh Chris Lattner bersama programmer lain yaitu Doug Gregor, John McCall, Ted Kremenek, dan Joe Groff dari Apple. Ide dasar Swift diambil dari Objective-C, Rust, Haskell, Ruby, Python, C#, CLU, dan banyak bahasa pemrograman lainnya.


Sejarah Bahasa Pemrograman Kotlin

Awal pembuatan Kotlin adalah ketika seorang Lead Developer bernama Dmitry Jemerov tidak dapat menemukan beberapa fitur di Java. Ada bahasa lain yang mirip dengan bahasa pemrograman yang dia inginkan dan jalankan di JVM, tetapi membutuhkan waktu lama untuk dikompilasi.

Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

Penemu Program Pascal dan Sejarah Singkatnya. Mulai tahun 1971, Profesor Niklaus Wirth dari Universitas Teknik Zurich, Swiss, memperkenalkan program Pascal untuk pertama kalinya. Istilah Pascal diambil dari nama seorang ahli matematika dari Perancis, yaitu Blaise Pascal.

Komentar