5 Sejarah Bahasa Pemrograman Part 1

Tidak ada komentar

Bahasa pemrograman, atau sering di istilahkan dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, merupakan instruksi standar untuk mengatur komputer. Bahasa pemrograman ini adalah seperangkat aturan sintaksis dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer.

Sejarah Bahasa Pemrograman

Cikal bakal bahasa pemrograman pertama kali muncul pada tahun 1822, sebuah mesin bernama Difference Engine diciptakan oleh Charles Babbage, seorang mahasiswa di University of Cambridge, Inggris. Tapi mesin Babbage hanya bisa mengeluarkan satu jenis output.

1. Sejarah Bahasa Pemrograman JavaScript

JavaScript pertama kali dibuat oleh Brendan Eich, seorang karyawan Netscape, pada tahun 1995. Saat itu, Netscape merupakan perusahaan perangkat lunak terkenal yang dikenal dengan web browser-nya, Netscape Navigator. Brendan Eich awalnya diminta untuk membuat bahasa skrip seperti Java tetapi bisa digunakan untuk browser. Dia juga merancang bahasa pemrograman baru menggunakan fitur yang terinspirasi dari Java, Scheme, dan Self.

2. Sejarah Bahasa Pemrograman Python

Python dibuat pada akhir 1980-an oleh Guido van Rossum di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Belanda sebagai penerus bahasa ABC (terinspirasi oleh SETL), mampu menangani pengecualian dan berinteraksi dengan sistem operasi Amoeba. Implementasinya dimulai pada Desember 1989.

3. Sejarah Bahasa Pemrograman laravel

Sejarah Laravel pertama kali dibuat oleh Taylor Otwell. Laravel dibuat oleh Taylor Otwell untuk memberikan alternatif yang lebih baik dari framework PHP lainnya seperti CodeIgniter. Framework Laravel pertama kali diperkenalkan pada tanggal 9 Juni 2011 dengan versi beta.

4. Sejarah Bahasa Pemrograman C++

Dibuat oleh ilmuwan komputer terkenal Bjorne Stroustrup sebagai bagian dari evolusi keluarga bahasa C yang sudah ada sebelumnya, C++ adalah bahasa komputer berorientasi objek yang C++ diucapkan 'see-plus-plus'. Bahasa ini dikembangkan sebagai pemutakhiran lintas platform dari C untuk memberi pengembang tingkat kontrol yang lebih tinggi atas memori dan sumber daya sistem.

5. Sejarah Bahasa Pemrograman Java

Java dikembangkan pada tahun 1990 oleh insinyur Sun James Gosling sebagai bahasa pemrograman yang bertindak sebagai otak untuk peralatan pintar (TV interaktif, oven all-in-one). Gosling tidak puas dengan hasil yang diperolehnya saat menulis program dalam C++, bahasa pemrograman lain, jadi dia pensiun ke kantornya dan menulis bahasa pemrograman baru agar lebih sesuai dengan kebutuhannya.

Komentar