5 Penemu Bahasa Pemrograman Part 1

Tidak ada komentar

Di dunia saat ini semakin banyak yang menggunakan teknologi digital, maka dari itu saya sudah merangkum 5 penemu bahasa pemrograman.

1. Tim Berners-Lee

Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir 8 Juni 1955) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Pada tahun 1989, saat bekerja di di CERN, Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss, Tim Berners-lee mengusulkan proyek hypertext global, dikenal sebagai World Wide Web. Berdasarkan sebelumnya "Enquire" bekerja, ia dirancang untuk memungkinkan orang untuk bekerja sama dengan menggabungkan pengetahuan mereka dalam web dokumen hypertext. Dia menulis World Wide Web server pertama, "httpd", dan klien pertama, "WorldWideWeb" apa-kau-lihat-ini-apa-kau-mendapatkan peramban hypertext/Editor yang berlari di lingkungan NeXTStep. Pekerjaan ini dimulai pada bulan Oktober 1990, dan program "WorldWideWeb" pertama kali dibuat tersedia dalam CERN pada bulan Desember, dan di Internet pada umumnya pada musim panas 1991.

2. Hakon Wium Lie

Håkon Wium Lie (lahir 26 Juli 1965) adalah perintis web Norwegia, aktivis standar, dan Chief Technology Officer Opera Software dari tahun 1998 hingga browser tersebut dijual ke pemilik baru pada tahun 2016. Dia yang terbaik dikenal untuk mengembangkan Cascading Style Sheets(CSS) saat bekerja dengan Tim Berners-Lee dan Robert Cailliau di CERN pada tahun 1994. Sebagai showcase dan testbed, dia mengintegrasikan CSS ke dalam browser web Arena, yang menjadi implementasi CSS pertama. Setelah bergabung dengan W3C pada tahun 1995, dia mengerjakan spesifikasi CSS, termasuk CSS1, CSS2, dan RFC 2318 (Maret 1998). Sebagian besar spesifikasi ini dikembangkan bersama Bert Bos, yang dianggap sebagai co-creator CSS. Selama dekade berikutnya, CSS memantapkan dirinya sebagai salah satu standar web mendasar, dengan dampak mendalam pada tipografi, estetika, dan aksesibilitas di web.

3. Brendan Eich

Brendan Eich (lahir 4 Juli 1961) adalah seorang programmer komputer dan eksekutif teknologi Amerika. Dia menciptakan bahasa pemrograman JavaScript dan ikut mendirikan proyek Mozilla, Mozilla Foundation, dan Mozilla Corporation. Dia menjabat sebagai chief technical officer Mozilla Corporation sebelum dia ditunjuk sebagai chief executive officer, tetapi mengundurkan diri tak lama setelah pengangkatannya karena kontroversi tentang penentangannya terhadap pernikahan sesama jenis. >Dia kemudian menjadi CEO Brave Software.

4. Rasmus Lerdorf

Rasmus Lerdorf (lahir 22 November 1968) adalah seorang programmer Denmark-Kanada. Dia ikut menulis dan menginspirasi bahasa skrip, menulis dua versi pertama dari bahasa tersebut dan berpartisipasi dalam pengembangan versi selanjutnya yang dipimpin oleh sekelompok pengembang termasuk Jim Winstead (yang kemudian membuat blo.gs, Stig Bakken, Shane Caraveo , Andi Gutmans, dan Zeev Suraski. Dia terus berkontribusi pada proyek tersebut. Ia merilis versi pertama PHP pada tahun 1995.

5. Michael Widenius

Ulf Michael Widenius sering dipanggil Monty (lahir 3 Maret 1962, di Helsinki, Finlandia) adalah penulis utama dari versi asli database MySQL sumber terbuka, anggota pendiri perusahaan MySQL AB dan CTO dari MariaDB. Selain itu, dia adalah pendiri dan mitra umum di perusahaan modal ventura OpenOcean. Pada tahun 1995 dia mulai menulis versi pertama dari database MySQL dengan David Axmark, dirilis pada tahun 1996. Dia adalah salah satu penulis dari MySQL Reference Manual, yang diterbitkan oleh O'Reilly pada bulan Juni 2002 dan pada tahun 2003 dia dianugerahi Pengusaha Perangkat Lunak Finlandia pada tahun Ini. Hingga penjualan MySQL AB ke Sun Microsystems pada tahun 2008, dia adalah chief technical officer MySQL AB. Setelah akuisisi, dia tetap menjadi salah satu kekuatan utama di balik pengembangan MySQL yang sedang berlangsung.

Komentar