Sejarah Komputer

Tidak ada komentar

 

Charles Babbage

Sejarah Komputer berawal dari abad ke-19, yaitu ketika Charles Babbage mencoba untuk mendesain komputer mekanik yang bernama mesin analitikal. Secara garis besar, perkembangan komputer terbagi menjadi empat generasi, yaitu :

Generasi  Pertama dimulai ketika komputer digunakan dalam bidang akademi dan militer. Pada tahun 1937 dibuatlah komputer Atanasoff-berry yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan linear dan komputer Colossus yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Kemudian, pada tahun 1946 Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) dibuat dan menjadikannya komputer pertama yang dibuat untuk kepentingan umum. Komputer ini menggunakan tabung vakum sebagai alat untuk menyimpan data.

Generasi Kedua dimulai ketika transistor menggantikan tabung vakum. Universal Automatic Computer (UNIVAC) diperkenalkan pada tahun 1951 untuk kepentingan komersial, pada tahun 1953 International Business Machines (IBM) memulai bisnis komputer dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai bahasa pemrograman mulai dikembangkan dan komputer mulai memiliki memori dan sistem operasi.

Generasi Ketiga dimulai ketika transitor berkembang menjadi sirkuit terpadu. Diciptakanlah komputer mini sebagai inovasi yang signifikan dan mempengaruhi perkembangan komputer generasi selanjutnya. NASA menggunakan komputer ini untuk melancarkan Program Apollo. Digital Equipment Corporation menjadi perusahaan komputer kedua setelah IBM dengan komputer PDP dan VAX.

Generasi Keempat dimulai pada tahun 1970 ketika penemu MOFSET dan integrasi berskala besar yang membuat microprosesor. Berkat adanya microprosesor membuat komputer semakin kecil dan semakin canggih, dan mulai berkembang menjadi komputer rumahan dan komputer meja kerja. Dan sekarang mulai berkembang menjadi laptop yang sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja.

Komentar